Index in Database (Indeks dalam Basisdata)

On February 1, 2010, in Uncategorized, by

Indeks atau index dalam database (basisdata) serupa dengan indeks dalam buku. Di suatu buku, satu indeks memungkinkan anda untuk menemukan informasi atau mencari kata kunci tertentu dengan cepat tanpa membaca seluruh buku. Di suatu database, indeks atau index memungkinkan program database menemukan data di suatu tabel tanpa menelusuri seluruh tabel. Satu indeks di suatu buku adalah daftar kata-kata dengan angka-angka halaman berisi masing-masing kata. Satu indeks di suatu database adalah daftar data tertentu dari tabel dengan lokasi penyimpanan baris dalam tabel berisi masing-masing nilai. Indeks dapat diciptakan dimanapun suatu kolom atau suatu kombinasi dari kolom di suatu tabel dan diterapkan dalam wujud B-trees.
Satu indeks berisi masukan dengan satu atau lebih kolom (kunci pencarian) dari masing-masing baris di suatu tabel.  B-tree disortir di kunci pencarian, dan dapat dicari secara efisien di setiap subset yang terdepan dari kunci pencarian. Sebagai contoh, satu indeks di kolom A, B, C dapat dicari secara efisien di A, A, B, dan A, B, C.Sebagian besar buku berisi satu indeks dari kata-kata umum, nama, tempat, dan seterusnya.
Database berisi indeks yang individu untuk jenis atau kolom yang terpilih dari data: ini serupa dengan sebuah buku yang berisi indeks untuk nama dari  orang dan indeks lain untuk tempat. Ketika anda membuat suatu database dan menadaptkan kinerja, anda perlu membuat indeks untuk kolom yang digunakan di dalam query untuk menemukan dataDalam contoh database, tabel karyawan  mempunyai satu indeks di kolom emp_id.
Ilustrasi yang berikut menunjukkan bagaimana indeks menyimpan masing-masing nilai emp_id  dan poin-poin ke baris Ketika aplikasi database melaksanakan suatu statemen untuk menemukan data dalam tabel karyawan berdasar suatu nilai emp_id yang ditetapkan, mengenali indeks untuk kolom emp_id dan menggunakan indeks itu untuk menemukan data. Jika indeks tidak ada, melaksanakan suatu permulaan scan tabel yang penuh pada awal tabel dan melangkah melalui masing-masing baris, mencari-cari nilai emp_id yang ditetapkan.
Aplikasi database secara otomatis membuat indeks untuk  jenis tertentu dari batasan (sebagai contoh, KUNCI UTAMA dan batasan UNIQUE ). Anda dapat lebih lanjut menyesuaikan definisi-definisi tabel dengan menciptakan indeks yang tidak terikat pada batasan.  Manfaat kinerja dari indeks, bagaimanapun, memerlukan biaya. Tabel dengan indeks memerlukan lebih banyak ruang(space penyimpanan dalam database. Juga, perintah agar sisipan, pembaruan, atau penghapusan data mengambil lebih panjang dan memerlukan lebih banyak waktu proses untuk memelihara indeks.
Ketika anda mendisain dan membuat indeks, anda perlu memastikan bahwa kinerja bermanfaat bagi berberapa lebih (dibanding) biaya tambahan dalam ruang (space penyimpanan dan memproses sumber daya).

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Comments are closed.



Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can
take care of it!